Pelatihan Kader PPKS Indonesia (Materi PEKA-I)



PEKA (Pelatihan Kader) PPKS Indonesia adalah sebuah rangkaian kegiatan kaderisasi dan pelatihan teknis juga non teknis bagi para kader dalam hal berorganisasi di PPKS Organisasi, melatih kepekaan dan kepeduliaan anggota juga sebagai kegiatan sosialisasi program kerja dan kegiatan-kegiatan yang dilakanakan oleh PPKS Indonesia. PPKS Indonesia memiliki 3 tahapan PEKA, dimulai dengan PEKA I, PEKA II, sampai PEKA III, setiap tahapan PEKA memiliki kriteria output yang berbeda satu sama lainnya tergantung dari tingkatannya. 
  1. PEKA I, adalah pelatihan kader tingkat I, bagi para calon anggota PPKS Indonesia yang nantinya akan dikukuhkan menjadi anggota muda PPKS Indonesia. Ini adalah fase awal diterimanya kader sebagai anggota resmi PPKS Indonesia dan berhak mendapatkan Nomor Tanda Anggota (NTA). 
  2. PEKA II, adalah pelatihan kader tingkat II, bagi para anggota muda yang nantinya akan dikukuhkan menjadi anggota biasa. Setelah mengikuti PEKA II, anggota berhak untuk menjabat sebagai pengurus PPKS Indonesia baik di tingkat cabang, maupun di tingkat nasional.
  3. PEKA III, adalah pelatihan kader tingkat III (akhir), bagi para anggota biasa PPKS Indonesia. Pelaksanaan PEKA-III berbeda dengan PEKA-I dan PEKA-II, dimana pelatihan ini didasarkan pada penelitian, aplikasi program kesejahteraan sosial, dan prestasi kader di bidang kesejahteraan sosial. Anggota biasa yang telah lulus dalam pelatihan kader tingkat III berhak memperoleh gelar SWH (Social Welfare Heroes) yang dapat digunakan di lingkup organisasi PPKS Indonesia. 
Kurikulum PEKA

PEKA-I
1. Pemuda & Kessos
2. Konstitusi PPKS
3. Sejarah PPKS
4. Pengenalan Organisasi
5. Atribiut dan Kesekretariatan
6. Pentingnya Berorganisasi
7. Kewirausahaan sosial
8. Wawasan kessos cabang
9. Metode Persidangan

PEKA-II
1. Pendalaman PPKS Indonesia
2. Lulusannya membuat suatu gerakan atau kegiatan sosial
3. Orsos/yayasan
4. Naskah/analisis kebijakan
5. Self Awarness

PEKA-III
1. Karya ilmiah bidang Kesejahteraan Sosial
2. Lulusannya membuat kegiatan tingkat nasional
3. Metodologi penelitian
4. Wawasan kesos nasional dan internasional
5. Welfare Heroes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar