Belajar Dari Sang Pakar Pekerja Sosial

Drs. Holil Soelaiman, MSW (Pakar Pekerja Sosial) 


Entah mengapa salahsatu kalimat dari pakar pekerjaan sosial Bpk. Drs. Holil Soelaiman MSW.ini selalu menjadi semangat dalam menjalankan dan mempromosikan profesi pekerja sosial., padahal saya belum pernah berinteraksi langsung dengan beliau.

Saya hanya bisa memperhatikan pemaparan pak Holil ketika memberikan orasi ilmiah pada wisuda sarjana STKS Bandung 3 tahun yang lalu, atau hanya bisa berinteraksi secara tidak langsung melalui tulisan-tulisan pak Holil tentang pekerjaan sosial / kesejahteraan sosial di Indonesia, (semoga selalu diberi kesehatan pak dan semoga suatu hari dapat berinteraksi langsung dengan bapak *salamhormat*)


Mantan Direktur almamater STKS Bandung ini pernah menyoroti tiga hal, yaitu:
  1. Penguatan dan penegasan pendidikan professional social work
  2. Penguatan kapasitas dan kompetensi professional 
  3. Penguatan kapasitas organisasi profesi social workers dan organisasi pendidikan ks/ps

Dimana ketiga hal tersebut akan terjawab dengan kalimat “As a social workers let us work hard, talk loud and write a lot.” .

ya, untuk memperkenalkan profesi ini pekerja sosial harus bekerja keras agar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat, lalu meneriakan kebanggaannya akan profesinya, kemudian memperkuat dan menegaskan pendidikan dan organisasi profesi pekerjaan sosial. Serta tentunya memperbanyak publikasi ilmiah dan jurnal tentang pekerjaan sosial.

Mari bangkit, mari buktikan, mari tunjukan !
viva social worker !

Rd. Zaky Miftahul Fasa, S.ST
(Ketua Umum PPKS Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar